Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Tutorial WordPress.com

  • Sabtu, 21 April 2012
  • ygw-gila
  • Tutorial WordPress.com

    Anda hanya butuh waktu 15 menit Cara Membuat Blog WordPress dengan mengikuti Langkah cepat dalam membuat blog pakai WordPress 3.1.2 versi terbaru per tanggal 26 April 2011  di wordpress.com adalah sebagai berikut:
    (Anda harus sudah punya alamat email. Lihat Tutorial Cara Buat Yahoo! Mail)
    Note : Karena anda membuat blog di wordpress.com, maka blog anda mempunyai banyak kelemahan dan tidak dapat dinstall plugin atau theme diluar dari yang sudah ditentukan oleh wordpress walaupun pilihan themenya cukup banyak. Dan blog anda tidak dapat dibuat untuk mencari uang. hanya dapat untuk mengekspressikan tulisan anda dan kreativitas anda. Untuk membuat blog yang profesional anda harus membuat blog di wordpress.org. Klik menu Tutorial WordPress.org pada blog ini jika anda hendak mulai membuat blog yang profesional.


    1. Masuki situs http://www.wordpress.com
    2. Klik tombol Get started here.
    3, Isikan data yang diminta.
    Nama blog  : blogbaruku2012 (contoh)
    (Note : Anda dapat mengubah nama blog anda sesuai yang anda kehendaki, jadi jangan kuatirkan masalah nama blog, yang penting buat dulu nama blog yang unik dan sesuai dengan tujuan blog anda dibuat.
    Username    : irfanovsky2011 (contoh)
    Password     : 123456 (contoh)
    Email address  : irfanjohan24@yahoo.com
    Bilamana semua data diatas sudah benar diisi, maka tombol Sign up akan terbuka.
    4. Anda juga diberi pilihan oleh WordPress untuk akhiran blog anda, apakah memakai nama wordpress.com atau .com atau .net atau .org. Jika memakai akhiran wordpress.com , anda tidak dikenakan biaya. Jika memakai  akhiran .com; .net atau  ..org, , anda akan dikenakan biaya pemakaian nama domain sebesar $17 per tahun. Bilamana anda serius untuk memakai blog untuk usaha, maka anda harus memilih nama domain dengan akhiran .com. Bila anda hanya menggunakan blok untuk berekspressi dan mencari teman, maka gunakan saja wordpress.com.
    5, Lalu klik tombol Sign Up.
    6. Sekarang masuki email anda . Lakukan konfirmasi aktivasi dengan mengklik link konfirmasi.
    7. Tampil halaman konfirmasi Your account is now active!
    8. Klik tulisan View your site atau login untuk melihat blog WordPress anda.

    9.  Perhatikan address bar browser anda sekarang sudah tertulis alamat weblog anda yaitu http://blogbaruk2012.wordpress.com. Tampilan blog perdana anda standar dengan theme The Theme Foundry.  Jangan kuatir , blog anda nantinya akan dibuat tampil cantik dengan mudahnya.
    10. Sekarang pada address bar ketikkan tulisan wp-admin setelah alamat blog anda. Contoh : http://blogbaruku2012.wordpress.com/wp-admin
    12. Anda masuk ke halaman login WordPress. Masukkan username dan password.
    13. Anda masuk ke halaman dashboard WordPress.
    14. Perhatikan menu di sebelah kiri. Klik tanda panah pada menu Appearance untuk membuka pilihan. Pilih menu Themes .
    15. Tampil halaman Manage Theme. Nama theme yang anda pakai sekarang adalah theme standard yaitu The Theme Foundry.

    16. Sekarang anda dapat mengganti theme tampilan blog anda dengan memilih theme yang menarik . Scroll down ke bawah untuk memilih theme.  Anda dapat menyortir pilihan theme dengan mengklik menu pilihan pada kolom Browse theme. Atau jika anda sudah tahu nama themenya, ketikkan pada kolom Search untuk mencarinya.
    17. Kebanyakan theme adalah gratis. Namun ada juga theme yang berbayar yaitu theme dengan tulisan Premium.
    18. Pilih salah satu theme yang menurut anda terbaik.
    19. Dalam hal ini saya memilih Browse theme : Popular dan saya memilih theme Mistylook.  Klik menu Activate untuk mengaktifkan theme baru atau Preview untuk melihat tampilan theme sebelum anda mengaktifkannya.
    20. Theme anda sudah berganti. Scroll up dan sekarang theme MistyLook sudah aktif.
    21. Anda dapat mengganti theme sesuka hati anda.  Ada ratusan theme yang dapat anda pilih.
    22. Setelah theme anda sudah cantik. Sekarang saatnya untuk mengisi blog anda dengan content sesuai dengan tujuan blog anda.
    23. Masih pada halaman admin Dashboard. Pada side bar sebelah kiri, klik tanda panah pada menu Post untuk membuka pilihan. Pilih Add new.
    24. Tampil halaman Add new post. Tuliskan judul artikel anda pada area judul artikel. Dan ketikkan isi artikel anda pada area menulis isi artikel. Jika artikel anda sudah dibuat. Klik tombol Publish untuk menerbitkan artikel anda pada blog anda.
    25.  Untuk menampilkan lebih banyak lagi tombol editing, klik menu Show/Hide Kitchen Sink. Sekarang anda dapat menulis artikel seperti anda menulis pada Microsoft Word.
    26. Artikel pertama anda akan otomatis masuk ke kategori Uncategorized. Agar artikel anda tertata dengan baik maka anda harus membuat kategori baru.  Klik Add new category. Lalu ketikkan nama katetgori baru tersebut. Contoh kategori : Kumpulan Artikel Pertama. Lalu klik lagi Add new category untuk menambahkan kategori tersebut.

    26. Selamat anda sudah punya blog untuk menuliskan semua ekspressi dan kreasi anda. Demikianlah tutorial  15 Menit Cara Membuat Blog WordPress.

    *****

    0 komentar:

    Posting Komentar

    (c) Copyright 2010 TIPS-TIPS. Blogger template by Bloggermint